PP GKPI BUKIT SION, BATAM




Shalom,
Pertama-tama kami mengucapkan Selamat Datang ke Blog kami yang sangat sederhana ini. Kami seluruh anggota Pemuda Pemudi Pos GKPI BUKIT SION Bida Ayu - Muka Kuning, Batam bersukur, karena kami masih dapat menggunakan media Blog ini sebagai sarana untuk publikasi setiap kegiatan-kegiatan kami. Blog ini kami tujukan khususnya untuk seluruh anggota Pemuda Pemudi Pos GKPI BUKIT SION, Batam dan umumnya untuk seluruh Pemuda Pemudi umat kristiani yang ada di seluruh dunia. Adapun content atau isi dari Blog kami ini adalah sebagian besar tentang kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan ke depan, dan juga kegiatan-kegiatan yang sudah kami lakukan sebelumnya. Disamping itu, Jadwal Pelayanan Ibadah Raya

Renungan Harian Jumat, 3 April 2009

|

BADAM, BERBUNGA PALING AWAL
Bilangan 17 : 8, Roma 12 : 10

Seminggu Bersama Pohon-Pohon Dalam Alkitab - Hari 3

Alkitab beberapa kali menyebutkan tentang pohon badam. Pohon dengan nama Latin prunus dulcis atau amygdalus communis ini, tak lain adalah pohon almond. Tanaman ini berasal dari Siria dan Palestina, tetapi kemudian menyebar hingga ke Afrika dan sebagian Eropa, juga California. Pohon ini bisa mencapai tinggi 4 hingga 10 meter.

Dari semua tanaman di Palestina, badam adalah pohon yang pertama kali berbunga pada akhir musim dingin atau di awal musim semi. Mungkin itulah sebabnya namanya dalam bahasa Ibrani disebut shaqed yang berarti "mempercepat". Bunganya berwarna putih atau merah jambu keputih-putihan. Yang paling berharga dari badam adalah bijinya, karena bisa dimakan atau dijadikan bahan penting untuk campuran berbagai jenis makanan. Selain itu, biji badam atau almond mengandung minyak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah atau minyak badam digunakan untuk mengobati penyakit kanker, tumor, borok dan untuk menormalkan kembali keadaan seseorang yang mabuk karena minuman keras. sekarang ini, California dikenal sebagai penghasil badam atau almond terbesar di dunia. Sekitar 50% dari penghasilan badam di seluruh dunia, didapatkan dari California.

Di dalam Alkitab, badam disebutkan dalam beberapa peristiwa: Yakub mengupas dahan pohon badam dan pohon lain untuk mendapatkan kambing yang berbelang (Kej 30:37), Yakub mengirim buah badam ke Mesir berama hasil tanah lainnya (Kej 43:11), bunga badam dijadikan hiasan kandil (Kel 25:34; 37:19-20), tongkat Harus bertunas, berbunga dan berbuahkan buah badam (Bil 17:8), muncul dalam penglihatan Yeremia (Yer 1:11).

Berbunga lebih awal dari pohon-pohon yang lain, itulah salah satu hal penting yang kita ketahui tentang pohon badam. Ini mengingatkan kita sebagai orang percaya untuk selalu berlomba-lomba dan saling mendahului di dalam berbuat baik. Sangatlah mudah untuk membenci ketika seseorang menyakiti hati kita, kita mudah memfitnah seseorang karena sentimen pribadi, mudah menipu untuk mendapatkan keuntungan, mudah melontarkan kata-kata makian ketika emosi, dan masih banyak lagi perbuatan jahat yang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi, untuk berlomba-lomba dan saling mendahului dalam berbuat baik, tidak semua orang mampu melakukannya.

Katie Couric berkata, "Kebaikan bukanlah sifat yang diturunkan, melainkan perilaku yang harus dipelajari." Mungkin selama ini kita hanya menyatakan kebaikan kepada orang-orang yang sudah berbuat baik kepada kita terlebih dahulu. Kita menunggu dan hanya menjadi penonton saja ketika orang lain berlomba-lomba berbuat baik. Kini saatnya kita belajar menjadi yang pertama di dalam berbuat baik, supaya di mana ada pertikaian, kita datang membawa damai, di mana ada kesedihan, kita datang membawa penghiburan.

DOA
Ya Bapa, mampukan aku untuk selalu menjadi orang yang pertama di dalam menyatakan kebaikan, bahkan kepada orang yang membenciku. Dalam nama Yesus aku mohon, Amin.

Kata Kata Bijak Hari Ini
Jadilah yang pertama untuk berbuat baik dan bukan yang pertama untuk berbuat jahat.

Mutiara Kata Hari Ini
Kemenangan adalah milik mereka yang tekun (Napoleon)

Sumber : Manna Sorgawi (Mansor)

0 comments: