PP GKPI BUKIT SION, BATAM




Shalom,
Pertama-tama kami mengucapkan Selamat Datang ke Blog kami yang sangat sederhana ini. Kami seluruh anggota Pemuda Pemudi Pos GKPI BUKIT SION Bida Ayu - Muka Kuning, Batam bersukur, karena kami masih dapat menggunakan media Blog ini sebagai sarana untuk publikasi setiap kegiatan-kegiatan kami. Blog ini kami tujukan khususnya untuk seluruh anggota Pemuda Pemudi Pos GKPI BUKIT SION, Batam dan umumnya untuk seluruh Pemuda Pemudi umat kristiani yang ada di seluruh dunia. Adapun content atau isi dari Blog kami ini adalah sebagian besar tentang kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan ke depan, dan juga kegiatan-kegiatan yang sudah kami lakukan sebelumnya. Disamping itu, Jadwal Pelayanan Ibadah Raya

Renungan Harian Kamis, 26 Maret 2009

|

ORANG ORANG TERJAJAH

"Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses." (Keluaran 1 : 11)



Kita masih ingat perjalanan sejarah bangsa kita di zaman penjajahan dahulu, rakyat Indonesia harus mengalami penderitaan lahir batin karena dijajah oleh bangsa lain, mulai dari Belanda sampai bangsa Jepang. Sebagai bangsa yang terjajah, kita berada di bawah kekuasaan bangsa lain. Kita tidak memiliki hak apa-apa dan kebebasan kita terampas. Salah satu penderitaan yang harus dialami oleh orang-orang Indonesia adalah kerja paksa (kerja rodi) yaitu pekerjaan yang diwajibkan oleh bangsa Belanda, tetapi tidak memperoleh upah apa-apa.

Jauh di masa lampau bangsa Israel juga harus mengalami masa yang suram, bahkan berada pada posisi terendah yaitu sebagai orang-orang yang harus melakukan kerja rodi (sebagai budak/hamba) di bawah kekuasaan bangsa Mesir. Alkitab mencatat, "Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu." (ayat 13-14). Tidak hanya saat di Mesir bangsa Israel harus mengalami aniaya. Ketika jatuh di dalam dosa dan penyembahan berhala mereka harus mengalami pembuangan Babel dan kembali menjalani kerja paksa.

Ini juga gambaran tentang kehidupan semua orang yang berada di luar Kristus. Mereka menjadi tawanan-tawanan Iblis dan menjadi hamba dosa. Dosa masih mengikat, membelenggu dan menguasai kehidupannya. Satu-satunya jalan untuk bisa terbebas dari ikatan kuasa dosa itu adalah datang dan percaya kepada Yesus Kritus, "Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan." (Roma 10:10). Hanya Anak Allah saja yang sanggup memerdekakan kita dari kuasa dosa, jadi "... apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.". (Yohanes 8:36). Sebagai orang percaya kita patut bersyukur kepada Dia, karena kini kita menjadi orang-orang yang merdeka, tidak lagi di bawah kekuasaan iblis.

"Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran." (Roma 6:18)

Sumber : AIR HIDUP

0 comments: